Programming in R dan RStudio

Introductions

Salah satu keuntungan utama menggunakan R environtment (http://cran.at.r-project.org) adalah memudahkan pengguna menulis program dan fungsi sesuai keinginan mereka sendiri. Sintaks pemrograman R sangat mudah dipelajari, bahkan untuk pengguna yang tidak memiliki pengalaman pemrograman sebelumnya. Setelah struktur kontrol pemrograman R dasar dipahami, pengguna dapat menggunakan bahasa R sebagai lingkungan yang kuat untuk melakukan analisis kompleks dari hampir semua jenis data.

Bagaimana saya diperkenalkan dengan R?

Saat masih berkuliah, saya dikenalkan dengan berbagai macam piranti lunak untuk pengolahan data statistik, selain Microsoft Excel, terdapat  SPSS, SAS, NCSS, MINITAB, S‐plus, SAS, atau Eviews, dan banyak lainnya. Sebagai mahasiswa, tentunya memiliki aplikasi berbayar menjadi sangat tabu, kecuali anda bisa mendapatkan cracknya membelinya.
Ini adalah permasalahan yang umum yang ditemukan di lingkungan mahasiswa, juga mungkin para analis statistik lainnya. Oleh karenanya, pemprograman R menjadi topik penelitian kami saat itu. 

contoh potongan code R yang dikembangkan

Mengapa memilih Programming di R?

R adalah salah satu alat analisis data dan mesin belajar statistik yang terkemuka (dapat dilihat pada Perbedaan popularitas Software Analisis Data). Hal ini lebih dari paket statistik; itu adalah bahasa pemrograman, sehingga Anda dapat membuat objek sendiri Anda, fungsi, dan paket. Bahasa pemrograman R adalah alat penting untuk pengembangan dalam analisis dan mesin belajar ruang numerik.

1. Keuntungan teknis: gratis, open-source

Anda dapat dengan mudah menggunakannya di mana saja secara GRATIS. Ini platform-independen, sehingga anda dapat menggunakannya pada sistem operasi apapun, di manapun tanpa harus membeli lisensi. Anda bahkan dapat memodifikasi kode dan menambahkan inovasi sendiri untuk itu. Bahasa R tidak memiliki batasan lisensi seperti yang dikeluarkan di bawah GNU (General Public License) dan merupakan bahasa pemrograman open-source.

2. Dapat digunakan lintas platform

Salah satu keuntungan terbesar dari R adalah bahwa Anda dapat menjalankan R pada beberapa sistem operasi dan beragam Software / Hardware. R dapat sering digunakan pada Microsoft Windows (32-bit maupun 64-bit), Macintosh, GNU / Linux, UNIX dan turunannya seperti Mac OS X, Darwin, FreeBSD, Solaris, dll juga berjalan pada beberapa operasi sistem Mainframe. Berkat upaya dimasukkan ke dalam oleh Tim Pengembangan Inti R untuk membuatnya cross-platform yang kompatibel! Kelebihan penggunaan R selengkapnya dalam Perkenalan Penggunaan Software "R" dalam Analisis Statistik.

Code Editors for R

Beberapa editor kode yang sangat baik, menyediakan fungsi seperti sintaks R highlighting, auto indentasi kode dan utilitas untuk mengirim kode/fungsi untuk konsol R:




26 Responses to "Programming in R dan RStudio"

  1. Anda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
    Karena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan SPSS, AMOS
    LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, DEA
    Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
    Kami Siap Bantu Anda.
    Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
    WA : +62 852-2774-6673
    IG : olahdatasemarang

    ReplyDelete
  2. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL, Frontier 4.1
    EVIEWS, SMARTPLS, STATA, DEAP 2.1, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    Contact Person WhatsApp +6285227746673

    ReplyDelete
  3. After the basic R programming control structure is understood, users can use the R language as a powerful environment to carry out complex analysis of almost all types of data.

    ReplyDelete
  4. cari tau disini kenapa anjing menganggap kucing sebagai musuh

    ReplyDelete
  5. hilangkan sakit punggung dengan renang gaya dada

    ReplyDelete
  6. tetap jaga kesehatan walaupun suka makan cemilan

    ReplyDelete
  7. makin langka habitat alami anjing laut

    ReplyDelete
  8. pergi liburan jangan lupa kitas

    ReplyDelete