Nov 26, 2013

cara membuat daftar pustaka dan kutipan otomatis menggunakan microsoft word

Untuk beberapa postingan kedepan direncanakan membuat postingan mengenai tips dan trik teknis membantu skripsi atau buat karya ilmiah maupun tugas. setelah sebelumnya telah membuat tips dan trik membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan microsoft word kali ini akan disajikan (kayak makanan aja.hehehe) tips dan trik membuat daftar pustaka otomatis menggunakan microsoft word.
sampul pustaka

Nah, tentu saja kita harus mengenal daftar pustaka sebelumnya. gimana bisa buat tips klo belum kenal. ok. disini saya sedikit memberikan gambaran daftar pustaka. ini diperoleh hasil googling sendiri. klo ada yang mau nambahkan silahkan.
Arti Daftar Pustaka adalah sebuah daftar yang mencantumkan spesifikasi sebuah buku yang meliputi judul buku, nama pengarang buku, penerbit buku tersebut dan informasi lain yang terkait. Daftar pustaka biasanya ditempatkan pada halaman akhir sebuah buku, disusun secara teratur dan berurutan berdasarkan abjad. fungsi Daftar Pustaka salah satunya untuk memberikan referensi bagi pembaca buku tersebut untuk melakukan kajian ulang atau lanjutan sehubungan dengan tema buku. Juga sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi terhadap penulis buku dalam Daftar Pustaka atas karyanya yang sudah mempunyai peranan dalam penulisan buku atau karya tulis. Penyusunan Daftar Pustaka seharusnya mengedepankan asas kemudahan dalam pemakaian Daftar Pustaka.

Satu hal yang tidak lepas dari daftar pustaka yaitu kutipan.biasanya kutipan dan daftar pustaka itu sepaket. disini kita perkenalkan juga kutipan.menurut om WIKI. Kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh(diselingi dengan) tanda kutip. kumpulan sumber ini yang masukan dalam daftar pustaka nanti.

Disini tidak ada dijelaskan lebih jauh tentang jenis-jenis kutipan atau daftar pustaka. silahkan cari di mbah google ya. tetapi akan dijelaskan jenis-jenis penulisannya. Penulisan daftar pustaka dan kutipan ini mempunyai berbagai bentuk atau struktur. jenisnya ini tergantung instansi atau bidang yang sedang digeluti. Daftar pustaka dapat disusun dalam berbagai format.Format penulisan daftar pustaka tidak hanya format MLA dan APA, tetapi masih banyak format lain, misalnya, format Turabian, format Chicago (The Chicago Manual Style), format Dugdale. Setiap format harus dipelajari. Sebaiknya, dipilih salah satu format dan digunakan secara konsisten dalam daftar pustaka. Ada dua format yang akan di jelaskan dalam makalah ini, yaitu format MLA (The Modern Language Association) dan format APA (American Psychological Association). Kedua format itu adalah format umum ditemukan dalam bidang ilmu humanoria. Akan tetapi, sebenarnya, ada berbagai format daftar pustaka yang berlaku selingkung bidang ilmu. Misalnya, format daftar pustaka dalam bidang ilmu biologi, kedokteran, hukum dan lain-lain.

Langkah-langkah dalam meembuat daftar pustaka otomatis

  1. Persiapan untuk Input data. Caranya klik references kemudian pilih manage sources. Maka hasilnya sebagai berikut.
    manage source
  2. Input datanya. Caranya klik new.
    edit source
    Disitu terdapat type of source. Yang mana digunakan untuk menetukan jenis sumber yang digunakan. Misalnya contoh tersebut yaitu book. Nanti silahkan pilih yang digunakan. Dan itu akan mempengaruhi isian default yang perlu diisi, default itu tidak masalah kalau tidak diisi tapi akan mengurangi informasi yang tersampaikan. Sedikit catatan untuk author yang lebih dari satu dipisahkan pake tanda “;”(baca:titik koma).corporate author itu untuk instansi bukan perorangan.Terus klik ok.
  3. Setelah data sudah terkumpul. Di manage source tadi. Yang akan muncul di daftar pustaka yaitu yang ada dibagian current list. Kalau mau memasukkan tinggal copy. Kalau mau hapus tinggal delete. Kalau mau mengubah data klik edit. Nah preview ada dibagian bawahnya. Disitu terlihat bentuk jika dalam kutipan dan jika dalam daftar pustaka.
  4. Setelah data terkumpul pilih style-nya. Defaultnya itu “APA”. Sudah disediakan berbagai style penulisan. Tinggal dipilih. Namun, kadang stylenya sama tapi dalam instansi kita mungkin ada modifikasi-modifikasi sehingga perlu ada modifikasi sedikit dibagian daftar pustakanya sendiri. Tapi itu sedikit kok.
    insert citation
  5. Nah sekarang, kita gunakan data itu di kutipan dan daftar pustaka. Pertama kutipan dulu. Caranya klik insert citition masih dibagian references. Maka hasilnya seperti di atas.
  6. Setelah itu tinggal pilih penulisnya. Maka akan diperoleh seperti ini. (Aldillah, 2006)
  7. Kegunaan kedua dari data untuk buat daftar pustaka tadi. Caranya pilih bibilography.
    insert bibliography
  8. Terus pilih bibilography lagi. Disitu terdapat beberapa pilihan.
    output daftar pustaka

Written by: Nasrul Setiawan
STATISTIK CERIA, Updated at: 7:44 PM

0 comments :

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Statistik Ceria

close