cara membuat Daftar Isi Otomatis dengan microsoft word


Setelah berbulan-bulan tidak berkecimpung kembali dalam dunia blogging, hari ini kembali membuat postingan setelah sibuk dengan skripsi. Alhamdulillah akhirnya ane sarjana juga gan. Ane mahasiswa jurusan statistik ekonomi di sekolah tinggi ilmu statatistik. Semoga pada tau ya,hehehe. Sebagai sedikit pengalaman, ane mau ngesahre sedikit tips-tips sebelum kita mengerjakan skripsi. Salah satu tools yang selalu menemani adalah software microsoft office terkhusus yaitu microsoft word.
sampul daftar isi

Untuk membuat laporan/tugas/skripsi agar jadi lebih teratur diperlukan petunjuk halaman. Sehingga apabila pembaca ingin mencari informasi tertentu tidak perlu lagi mencari-cari perhalaman. Cara ini biasa disebut daftar isi. Biasanya dalam skripsi muncul dibagian awal setelah abstrak dan sebelum bab 1. Tentu saja tujuan buat navigasi buat pembaca agar lebih mudah mengerti secara keseluruhan sistematika penulisan dan juga dapat lebih mudah mencari info-info tertentu agar tidak perlu bolak balik.

Dalam membuat daftar isi ini bisa dilakukan langsung/manual. Namun cara ini sedikit rumit karena harus menginput sendiri judul, nomor halaman dan pengaturan daftar isi. Selain itu, apabila dalam proses pembuatan skripsi ada terjadi perubahan baik ada penambahan dan pengurangan tentu akan mengubah halaman yang mengakibatkan pengubahan daftar isi yang dilakukan secara manual. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, microsoft word sudah ada tools untuk dilakukan secara otomatis. Nama tools tersebut adalah table of contents.

Kelebihan tools ini yaitu mengatasi masalah-masalah yang dijelaskan di atas. Table of contents ini bisa otomotis membuat daftar isi beserta halamannya. Selain itu, apabila terjadi perubahan bisa mengubah daftar isi yang menjadi lebih baik. Sehingga tidak perlu pusing memikirkan daftar isi, karena yang perlu dipusingkan sebenarnya adalah isinya kan. Caranya juga lebih mudah. Karena bisa dikerjakan saat mengerjakan skripsi. Tips ini daharapkan sudah diketahui sebelum dibuat walaupun terlambat juga tidak masalah, menurut kata bijak “walaupun terlambat asal selamat”.

Ok. Setelah mengetahui keuntungan tools ini tentu saja kita perlu tahu langkah-langkahnya. Yaa masa dah tahu, tapi ga tau caranya. Ya buat apa dong. Sesuai janji tadi di atas akan dibeberkan di bawah ini langkah-langkahnya.

1. Tentukan dulu bab atau sub bab yang akan dimasukkan di daftar isi.
Misalnya: Bab 1 Pendahuluan
1.1 Latar belakang
Dst...
Pada contoh di atas bab 1 pendahuluan jadikan heading 1, kemudian 1.1 latar belakang merupakan sub bab dari bab 1 dijadikan heading 2, apabila ada sub sub bab maka dijadikan heading 3. Dst...

2. Langkah selanjutnya yaitu membuat judul tersebut berdasarkan heading. Caranya blok bab 1 pendahuluan trus cari heading berdasarkan golongan dalam hal ini heading 1 di home terus pilih heading 1 seperti pada gambar dibawah.
heading

3. Langkah yang selajutnya juga sama untuk sub bab yaitu memilih yang heading 2, dan seterusnya apabila punya sub sub bab lain.

Namun, default dalam heading diatas biasanya berbeda dengan format skripsi. Carnya tinggal di modify sendiri sesuai dengan kebutuhan. Caranya klik kanan heading yang ingin di edit.
heading lainnya

4. Hasilnya sebagai berikut. Dan kita bisa edit sesuai kebutuhan.
edit heading

Setelah persiapan selesai kita tiba pada tahap intinya. Ini boleh dilakukan walaupun bab atau sub bab nya belum selesai semua walaupun Cuma satu. Langkahnya pilih references trus table of contents. Kemudian pilih automatic, seperti gambar berikut.
references table of content

Hasilnya sebagai berikut.
hasil daftar isi

Apabila ada perubahan tinggal pilih update table.

Sedikit bonus apabila menggunakan heading diatas, yaitu anda dapat membuat navigasi sendiri yang kan mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan. Caranya view terus centang navigation pane. Nah hasilnya bisa dilihat sendiri. Lumayan lah sedikit membuat sistematis penulisan anda. Semoga sedikit tips ini membantu anda mengerjakan skripsi, semoga ini berguna buat kita semua. Klo ada kritik dan saran silahkan ajeee.

1 Response to "cara membuat Daftar Isi Otomatis dengan microsoft word"

  1. dengan membaca post di atas menambah referensi dalam membuat daftar isi,,,kira-kira adakah cara lain untuk pengaturan daftar isi, mhn penjelasan terimakasih

    ReplyDelete