Mar 23, 2014

Uji statistik non parametrik

Pada pelajaran terdahulu kita telah mempelajari uji statistik parametrik. Uji statistik parametrik dilakukan terhadap data yang telah berdistribusi normal. Kemudian bagaimana kalau tidak normal? transformasi data pun tidak mengubah keadaan tersebut.atau kah data yg digunakan ternyata bukan data interval dan rasio yang merupakan syarat dari uji parametrik.

Apabila kita menghadapi masalah seperti di atas, jangan putus asa dulu karena masih banyak jalan ke roma.hehehhe.. caranya bisa menggunakan uji non parametrik yang memiliki persyaratan lebih longgar. Salah satun yaitu tidak perlu asumsi normal. Oleh karena itu, uji ini sering disebut uji bebas distribusi. Kali ini akan dibahas secara umum tentang uji non parametrik dan kemudian akan dibahas masing-masing uji tersebut beserta tutorialnya. ini menjadi salah satu proyek statistik ceria.hehehe

Kelebihan uji nonparametrik antara lain:

  • Tidak perlu mengetahui nilai dari populasi. karena dalam uji parametrik memerlukan nilai parametrik untuk menentukan uji parametrik yang digunakan.
  • Dapat menggunakan semua jenis skala data. dalam uji parametrik cuma bisa menggunakan skala interval atau raasio. sedangkan uji parametrik selain bisa menggunakan interval rasio atau interval bisa juga menggunakan skala nominal dan ordinal.
  • Dapat digunakan sampel yang kecil
  • Sederhana dalam perhitungannya

Kelemahan Uji non parametrik:

  • Jika data telah memenuhi semua syarat dalam uji parametrik, maka merupakan pennghamburan data jika uji nonparametrik tetap dilakukan
  • Belum ada metode nonparametrik untuk menguji interaksi-interaksi dalam model analisis varian (anova)
  • Memerlukan tabel statistik khusus dalam menyimpulkan hasil analisis . tabel tersebut tidak mudah diporelah

Jenis-jenis uji nonparametrik  yang bisa digunakan:

Kali ini hanya mencatumkan uji-uji yang digunakan dalam non parametrik. untuk selanjutnya akan dibahas masing-masing uji tersebut. Uji ini saya buat dalam satu tabel sehingga agar mudah dipahami. Berikut summary table uji non parametrik.
nonparametrik



Written by: Nasrul Setiawan
STATISTIK CERIA, Updated at: 8:49 AM

2 comments :

  1. makasiiiii wt tulisannya

    ReplyDelete
  2. pak sy mau bertanya, penelitian saya terdapat 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat yang merupakan skala nominal, saat menguji hubungan antara 1 variabel bebas dan 1 variabel terikat sy menggunakan analisis koefisien kontingensi C, tetapi saat menguji hubungan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat secara bersamaan menggunakan analisis apa ya pak??

    ReplyDelete

 

Copyright @ 2013 Statistik Ceria

close