Dec 7, 2013

[Tutorial] Tabel kontingensi dua arah dengan menggunakan R paket R Commander

Setelah hari ini membuat dua postingan mengenai statistik deskriptif  mengenai statistik deskriptif dan uji normalitas  menggunakan R commander. nah, untuk melengkapi itu. pada hari ini juga akan membahas tabel kontingensi. nah apa itu tabel kontingensi? Tabel kontingensi merupakan bagian dari tabel baris kolom, akan tetapi tabel ini mempunyai ciri khusus, yaitu untuk menyajikan data yang terdiri atas dua faktor atau dua variabel, faktor yang satu terdiri atas b kategori dan lainnya terdiri atas k kategori, dapat dibuat daftar kontingensi berukuran b x k dengan b menyatakan baris dan k menyatakan kolom.
Contingency table

Sebelum kita mulai tentu saja cara pertama import data yang akan digunakan. untuk yang belum tau caranya bisa kesini dulu ya Menambahkan/Input Data di Program R menggunakan paket R Commander. data yang digunakan bisa di download disini Data Jagung kalau mau coba sendiri. tabel kontingensi disini menggunakan gabungan dari variabel kategorik dimana menghitung frekuensi. untuk kali ini tabel kontingensi menggunakan dua cara yaitu langsung dari data yang tersedia atau masukkan sendiri angkanya dalam tabel. untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

Tabel Kontingensi Dua Arah


Pembuatan tabel kontingensi dua arah pada R‐Commander dapat dilakukan dengan menggunakan menu Statistics, pilih Contingency Table, dan kemudian pilih Tabel dua arah. Setelah itu akan terlihat jendela pilihan tentang dua variabel kategorik yang akan dibuat tabel kontingensi dua arah.
tabel kontingensi r commander

Misalkan akan dibuat tabel kontingensi dua arah untuk variabel Pulau dan Peringkat, maka pada jendela dialog pilihan Peubah baris yang muncul klik Pulau dan pilih Peringkat pada pilihan Peubah kolom. Kemudian pada tab statistic pilih besaran (persentase baris, persentase kolom, atau persentase keseluruhan) dan uji hipotesis (sebagai pilihan default adalah uji kesaling bebasan Chi‐kuadrat) yang akan dilakukan.

tabel kontingensi tutorial


Setelah itu, klik OK untuk menampilkan output tabel kontingensi dua arah.

tabel kontingensi two away


Output uji Chi‐kuadrat terlihat diperoleh p-value 0,2658 artinya gagal tolak H0. sehingga tapat dikatakan Pulau dan Peringkat produksi saling bebas artinya tidak ada pengaruh suatu pulau terhadap pringkat produksi jagung.

Entry Langsung Data Frekuensi untuk Tabel Kontingensi Dua Arah


R juga menyediakan fasilitas untuk membuat tabel kontingensi dua arah dengan cara memasukkan langsung frekuensi‐frekuensi pada setiap kombinasi sel yang ada pada tabel kontingensi. Pembuatan masukkan tabel dua arah ini pada R‐Commander dapat dilakukan dengan menggunakan menu Statistics, pilih Contingency Table, dan kemudian pilih Enter and Analyze two-way table. Setelah itu akan terlihat jendela pilihan tentang Banyaknya baris dan Banyaknya kolom, serta Masukkan frekuensi yang akan dibuat tabel kontingensi dua arah.

tabel kontingensi dua arah


Misalkan akan dibuat tabel kontingensi dua arah untuk variabel Pilihan Acara TVdan Gender Responden, maka pada jendela kolom, tulis Olah raga dan Sinetron, dan tulis Pria dan Wanita pada jendela baris. Isikan angka 45, 20, 25, dan 40 pada empat sel isian yang ada (misal Pria cenderung menonton Olah raga, sedangkan Wanita cenderung menonton Sinetron). Kemudian pada tab statistic pilih besaran (persentase baris, persentase kolom, atau persentase keseluruhan) dan uji hipotesis (sebagai pilihan default adalah uji kesaling bebasan Chi‐kuadrat) yang akan dilakukan.

tabel kontingensi chi square


Kemudian klik OK untuk menampilkan output tabel kontingensi dua arah.

tabel kontingesi


Hasil dari output ini adalah tabel kontingensi dua arah yang berisi frekuensi pada masing‐masing sel kombinasi gender responden dan acara TV yang sering ditonton. Hasil uji Chi‐kuadrat menunjukkan nilai p‐value 0.0004337. Sehingga jika digunakan α=0.05 dapat disimpulkan bahwa pengujian menunjukkan tolak H0 yang berarti bahwa gender responden dan acara TV yang ditonton tidak saling bebas atau saling terkait. Keterkaitan dua variabel tersebut adalah Pria cenderung menonton Olah raga (68,2% Pria), sedangkan Wanita cenderung menonton Sinetron (61,5% Wanita).


Kalau ada kritik, saran dan pertanyaan silahkan komentarnya di kolom komentar di bawah. Kalau tidak punya akun silahkan ditulis sebelah kiri yaitu kolom “Chatbox”. Mohon dicantumkan email atau contact yang bisa dihubungi.

Sumber: Buku(Suhartono, 2008):Analisis Data statistik dengan R

Written by: Nasrul Setiawan
STATISTIK CERIA, Updated at: 4:29 AM

0 comments :

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Statistik Ceria

close