Analisis Data Panel

analisis data panelDalam analisis perekonomian, data yang biasa digunakan dalam melakukan penelitian ada tiga jenis, yaitu cross section dan time series. selain data tersebut terdapat data panel yang merupakan gabungan dari kedua jenis data tersebut. sehingga data yang dimiliki tidak hanya berdasarkan individu tetapi aja datanya mencakup beberapa priode. sehingga, jumlah pengamatannya lebih banyak.



Penggunaan data panel ini sangatlah penting, misalnya seorang peneliti ingin melihat bagaimana keadaaan keuangan suatu perusahaan. jika peneliti hanya menggunakan data cross section dalam penelitanya, peneliti tersebut tidak dapat melihat pertumbuhan perusahaan tersebut dari periode ke periode. padahal sangat mungkin kondisi antara suatu tahun dengan tahun lainnya berbeda. oleh karena itu, penggunaan data panel diperlukan untuk melihat perbedaan keuntungan beberapa perusahaan dan melifak fluktuasi keuntungan satu perusahaan dari beberapa periode waktu.

keunggulan yang dimiliki oleh data panel dibandingkan data time series dan cross section(Gujarati 2004:637), yaitu:


  1. Teknik Estimasi menggunakan data panel akan menghasilkan keanekaragaman secara tegas dalam perhitungan dengan melibatkan variabel-variabel individual secara spesifik.
  2. memberikan informasi yang lebih banyak, variabilitas yang lebih baik, mengurangi hubungan antara variabel bebas, memberikan lebih banyak derajat kebebasan, dan lebih efisien.
  3. Data panel lebih coocok dibunakan jia akan melakukan studi tentang perubahan dinamis.
  4. Data panel dapat mendeteksi dan mengukur efek yang tidak bisa dilakukan oleh data time-series dancross section.
  5. Data panel memungkinkan peneliti untuk mempelajari model prilaku yang lebih kompleks.
  6. Data panel dapat meminimalkan bias.


untuk mengestimasi parameter model dengan data panel, terdapat beberapa teknik yang ditawarkan, yaitu:


1.Ordinary Least Square

Tehnik ini sama pada analisis data cross sectiondan time series karena mengasumsikan bahwa koefisien intercept dan slopenya sama(konstan) untuk setiap data cross section dan time series.dengan kata lain model ini tidak memperhatikan dimensi individu dan waktu. namun, untuk melakukan regresinya perlu menggabungkan data cross section dan time seriesyang biasa disebut pool data. namun, dianggap tidak masuk akal karena karena menganggap tidak adanya efek dimensi individu dan waktu

Model sebagai berikut:
pool model


2. Model Efek Tetap (Fixed Effect)


Tehnik Model Efek Tetap sudah memasukkan efek dimensi individu dan waktu. pada model ini efek dimensi individu dan waktu terletak pada intercept dan slope pada model. sehingga pada model ini menganggap bahwa yang sangat mempengaruhi variabel dependent adalah slope dan intercept.

Model sebagai berikut:
fixed model

3. Model Efek Random (random effect)
Tehnik ketiga ini hampir sma dengan Model fixed effect karena memasukkan efek dimensi individu dan waktu. namun, model ini beranggapan bahwa efek dimensi tersebut terletak pada error dari model.

Model sebagai berikut:
random effect model

sekian dulu postingannya. untuk selanjutnya, insya allah akan dibahas lebih dalam ketiga model diatas.

referensi:
Gujarati,Basic_Econometrics. 2004. bisa didowload
Nachrowi D. Nachrowi dan hardius Usman. Ekonometrika untuk analisis ekonomi dan keuangan. 2006.
Dr. Endri. Model Regresi Panel Data dan Aplikasi Eviews. bisa didownload disini



10 Responses to "Analisis Data Panel"

  1. blog yang sangat keren! reccomended banget ini mah

    ReplyDelete
  2. Mas, uji t dan f pake data panel dan eviews caranya gimana ya ? ada tutorialnya? Thanks before :)

    ReplyDelete
  3. Apakah sah jika saya menggunakan cross section (fixed effect) dan period (fixed effect) untuk mengestimasi pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel terikat di masing-masing daerah yang diteliti dan juga mengetahui pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel terikat untuk semua daerah pada masing-masing waktu? Terima kasih.

    ReplyDelete
  4. selamat pagi,

    kak, bagaimana cara penyelesaian dgn menggunakan regresi data panel tidak lengkap (unbalanced panel data) ? tolong berikan referensi yg mendukung untuk menyelesaikan metode tersebut atau tutorialnya kak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. bagaimana menggabungkan data kualitatif dengan data kuantitatif

    ReplyDelete
  6. klo purposive sampling data panel regresi berganda...misal ada populasi 113 bank, variabel dependen nya A, B, C, D varabel independenya Y,waktu observasi 2009-2016 per triwulanan jd ada 4x9=36 ... berapa sample yang mewakili...dan menggunakan rumus apa dan apa dasar referensinya...tx bgt

    ReplyDelete
  7. kak, bagaimana cara penyelesaian dgn menggunakan regresi data panel tidak lengkap (unbalanced panel data) ? tolong berikan referensi yg mendukung untuk menyelesaikan metode tersebut atau tutorialnya kak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    Merupakan Tutorial Regresi Data Panel Model Pool
    Dengan Menggunakan EVIEWS Sehingga Disebut Dengan
    Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    Untuk Download File Yang Dibutuhkan Untuk
    Tutorial Lengkap Pool Data Panel Dengan EVIEWS
    https://s.id/Panel

    ReplyDelete