grafis informasi (infografis) dan Statistik



infographic statisticKebutuhan data di era modern sangatlah penting. setiap kebijakan atau tindakan yang akan dilakukan dalam urusan pemerintahan, bisnism, ilmiah sampai hal sepele seperti urusan rumah tangga tidak boleh sembarangan. bisa beraibat fatal.hehehe. namun, data yang disajikan atau diberikan ke masyarakat umum khususnya di indonesia bisa dibilang masih kurang. walaupun sudah mulai ada tapi jumlahnya masih sedikit. sehingga orang atau organisasi dituntut untuk membuat tampilan data yang dimengerti dan mudah diingat oleh masyarakat umum. Berlatar belakang dari itu sekarang ini muncul suatu istilah baru yang disebut grafis info. ya tidak baru juga sih. mungkin karena aku baru tau. oleh karena itu, saya mau ikut mensosialisasikan sedikit pengetahuan yang saya ketahui mudah-mudahan bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Apa itu Info Grafis (Infographic)?


Grafis informasi atau infografis adalah representasi visual informasi, data atau ilmu pengetahuan secara grafis. Grafis ini memperlihatkan informasi rumit dengan singkat dan jelas, seperti pada papan, peta, jurnalisme, penulisan teknis, dan pendidikan. Melalui grafis informasi, ilmuwan komputer, matematikawan dan statistikawan mampu mengembangkan dan mengomunikasikan konsep menggunakan satu simbol untuk memroses informasi.

Saat ini, grafis informasi ada di segala bentuk media, mulai dari hasil cetakan biasa dan ilmiah hingga papan dan rambu jalan. Infografis mengilustasikan informasi yang memiliki sedikit teks, dan berperan sebagai ringkasan visual untuk konsep sehari-hari seperti rambu berhenti dan jalan.

Perkembangannya infografis gimana?


Katanya pertama kali di perkenalkan oleh Christoph Scheiner tahun 1626 dimana saat itu dia menerbitkan buku yang berjudul the Rosa Ursina sive Sol bukunya menjelaskan tentang rotasi matahari dan pada saat itu iya membuat suatu infografis. mungkin waktu dia ga sadar.hehehehe. seiring berjalan waktu (sebenarnya ada runtutannya tapi baca sendiri aja ya). pada abad 21 ini sangatlah berkembang pesat apalagi didukung dengan peningkatan teknologi informasi.


Hubungan Infografis dan statistik?



Tiga bagian dari semua infographics adalah visual, konten, dan pengetahuan. visual yang terdiri dari warna dan grafis. Ada dua jenis grafis - tema dan referensi. Grafis tema yang termasuk dalam semua infographics dan mewakili representasi visual yang mendasari data. Grafis referensi umumnya ikon yang dapat digunakan untuk menunjuk ke data tertentu, meskipun mereka tidak selalu ditemukan dalam infographics. Statistik dan fakta biasanya berfungsi sebagai konten untuk infographics, dan dapat diperoleh dari sejumlah sumber, termasuk data sensus dan laporan berita. Salah satu aspek yang paling penting dari infographics adalah bahwa mereka mengandung semacam wawasan data yang mereka sajikan - ini adalah pengetahuan.

Oleh karena itu bisa dihubungkan kalau infografis tidak terlepas dari statistik. karena fakta yang disampaikan harus berupa data yang uptodate selain itu tampilan dari data itu berupa grafis yang berupa grafik-grafik yang sering biasa kita gunakan seperti grafik batang, grafik pie, grafil dougnut dan sebagainya.

Contoh infografis



infographic

Sekian atas sedikit info ini, ya walaupun tidak lengkap tapi di atas mungkin sudah cukup menggambarkan infographic itu apa? dan kegunaanya gimana? selain itu bisa digunakan mendapatkan uang. banyak lomba-lomba yang bertema infographic. selain itu bisa berkompetisi di 99designs.com mudah-mudahan menang. hadiahnya lumayan.hehehehe
Kalau ada kritik, saran dan pertanyaan silahkan komentarnya di kolom komentar di bawah. Kalau tidak punya akun silahkan ditulis sebelah kiri yaitu kolom “Chatbox”. Mohon dicantumkan email atau contact yang bisa dihubungi.

Sumber: Wikipedia.

0 Response to "grafis informasi (infografis) dan Statistik"

Post a Comment