Download dan cara membaca tabel chi-squared lengkap

Setelah hampir seminggu tidak buat postingan karena lagi perbaiki desain blog supaya lebih baik dan responsive. kalau ada kritik dan saran mengenai desain bisa dikomentari dibawah atau contact me. kali ini juga saya tidak membahas bahasan yang berat-berat karena masih nyantai dulu. Pembahasaanya yaitu  tabel chi-squared.

Kegunaan tabel chi-squared

Dalam menganalisis uji statistik yang menggunakan distribusi chi-squared tentu saja perlu adanya perbandingan dengan Batas untuk memutuskan apakah hipotesisnya diterima atau tidak. Untuk itu perlu adanya tabel chi-square yang bisa memutuskan hasil dari analisis. Berikut contoh batasan dari distribusi chi-square.
tabel dstribusi chi-squared
Berdasarka tabel diatas terlihat bentuk dari distribusi chi-squared. Pada area hitam diatas merupakan daerah tolak hipotesis sedangkan yang putih untuk keputusan terima hipotesis awal. Garis pemisah antar dua daerah tersebut adalah gambaran dari tabel chi-square.
Untuk memutuskan dalam menganalisis apakah menolak atau menerima hipotesis awal tidak hanya dengan cara membandingkan dengan tabel chi-square, bisa juga dengan melihat nilai peluang signifikansi biasa disimbolkan dalam output software (sig). jika nilainya lebih kecil maka keputusan tolak hipotesis awal dan sebaliknya.

Bagian-bagian dari tabel chi-squared

  1. Titik kritis (alpha), merupakan nilai peluang dari tingkat kesalahan yang dapat diterima. Nilai yang sering digunakan yaitu 0.05 (5%). nilai ini ditentukan oleh peneliti sebelumnya.
  2. Degree of freedom (df), atau derajat kebebasan. menentukan nilai degree of freedom ini berbeda-beda tiap metode yang digunakan. tapi umumnya jumlah sampel(n)-1.
  3. Nilai tabel chi-square. Merupakan nilai batas tolak atau terima hipotesis awal. Inilah yang akan dicari

Cara membaca tabel chi-sqaured

Biasanya dalam menguji tabel chi-squared dengan alpha 5% dan derajat bebas 5 tertulis seperti berikut. X2(0.05,5). Agar lebih jelas dalam membaca tabel chi-square saya gunakan gambar seperti berikut ini:
contoh tabel chi-square

Penjelasan:
Menjelaskan jenis dari tabel chi-square. terlihat bahwa ada tulis alpha menunjukkan bahwa tabel chi-square dengan titik kritis alpha.
Kolom df. yang menunjukkan nilai df yang digunakan. contohnya yaitu5.
Baris Alpha, menujukkan alpha yang digunakan. Jangan terkecoh dengan angka tersebut sesuai kan dengan jenis tabel seperti pada nomor 1.
Nilai chi-square tabel, nilai ini lah yang dicari. caranya sangat mudah yaitu menghubungkan antar kolom df dan baris alpha yang digunkan seperti pada gambar diatas.

Misalnya kita memperoleh nilai statistik uji chi-square = 11,111 dari rumus yang digunakan atau software. kemudian dibandingkan dengan nilai tabel chi-square yang diperoleh diatas yaitu 11.070. Karena nilai uji stat  chi-square lebih besar dari nilai tabel chi-square. maka keputusan tolak H0. sebaiknya jika lebih kecil dari tabel chi-square maka keputusan terima H0. jika diilustrasikan dengan gambar diatas maka nilainya berada di daerah hitam. karena nilai tabel berada dibatas tersebut dan nilai uji stat lebih besar sehingga melewati batas tersebut.

Bagi yang mau download tabel chi-square lengkap silahkan klik link dibawah ini.
Download tabel chi-square

0 Response to "Download dan cara membaca tabel chi-squared lengkap"

Post a Comment