Naive Model (metode time series)

Setelah sebelumnya kita membahas kulit dari time series. kali ini kita akan masuk lebih dalam. kali ini akan kita bahas metode-metode untuk melakukan analisis time series.
untuk kali ini saya akan mambahas sebagian dari metode yaitu smoothing method. untuk ARIMA saya akan bahas dipostingan berbeda. karena metode ARIMA sangat luas. jadi saya akan bahas terpisah.

 

kali ini  saya akan mebahas metode:Naive model

NAIVE model merupakan metode yang paling sederhana, menganggap bahwa peramalan periode berikutnya sama dengan nilai aktual periode sebelumnya. Dengan demikian data aktual periode waktu yang baru saja berlalu merupakan alat permalan yang terbaik untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang (lebih menekankan pada penggunaan data-data masa lalu untuk menentukan atau meramalkan kondisi masa depan). Metode ini merupakan metode paling sederhana karena mengasumsikan bahwa data yang baru saja terjadi merupakan prediksi paling tepat untuk meramalkan priode yang akan datang.

Disini naive model dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan plot time series.

a. The simplest model for stationary data


b. The simplest model for trend data


c. The simplest model for seasonal data



Contoh kasus Naive Model: 

Untuk kali ini saya akan mengambil contoh dari dosen ane gan.
Datanya sebagai berikut: (menggunakan minitab)


 

Disini kita akan membandingkan model untuk ketiga jenis naïve model. Hasilnya sebagai berikut:

 

Kemudian untuk melihat yang model yang paling baik kita menggunakan kriteria berdasarkan posting saya sebelumnya (teori time series), hasilnya sebagai berikut:


 

Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa model yang terbaik yaitu naive3 karena dilihat MSE yang paling kecil.

3 Responses to "Naive Model (metode time series)"

  1. terimakasih infonya, sangat membantu.
    salam.
    Statistik

    ReplyDelete
  2. Selamat Malam,
    Mau bertanya langkah-langkah menghitung model navive1-3 dengan minitab. Terimkasih

    ReplyDelete
  3. selamat siang. mohon maaf menggangu waktu ibu/bapak, izin bertanya nama buku atau jurnal yang membahas model metode naive yang ke 2 atau The simplest model for trend data itu apap ya ibu/bapak?

    ReplyDelete