Apa itu grafik/diagram Radar?

Kali ini akan dibahas mengenai grafik/diagram radar. grafik ini kedengarannya sangat kerena yaa. grafik radar kayak grafik pendeteksi kedengarannya. sebenarnya nama grafik radar punya banyak versi. Nama lain dari grafik radar tidak kalah kerennya biasa disebut web chart, spider chart, cobweb chart, irregular polygon, polar chart, kiviat diagram dan nama lain yang ga kalah keren adalah star chart atau star plot.

Apa itu Grafik radar?

Grafik radar adalah metode grafis menampilkan data multivariat dalam bentuk grafik dua dimensi dari tiga atau lebih variabel kuantitatif diwakili sumbu mulai dari titik yang sama. Grafik radar adalah grafik dan / atau plot yang terdiri dari jari-jari yang menjelaskan nilai satu variabel . Panjang jari-jari sama dengan besarnya nilai variabel. kemudian garis ditarik menghubungkan nilai-nilai data tersebut. Hal ini membentuk plot berbentuk radar atau bintang. Bingung yaa, kita jelaskan dengan gambar lanngsung aja.
contoh chart radar
Sudah tidak asing lagi bagi gambar diatas kan khususnya pecinta PES,gambar diatas merupakan statistic skill dari pemain (Villa). disini saya mengambil sebagian saja khususnya grafik radarnya. grafik radar pada gambar diatas adalah gambar sebelah kanan yang berbentuk hexogen. Grafik radar diatas menjelaskan skill satu pemain yaitu david villa. Bagian-bagian dari grafik radar:
  • Jari-jari. Warna merah tersebut merupakan jari-jari. di situ saya cuma memberi satu garis agar jelas. sebenarnya diatas ada 6 jari-jari. kenapa ada 6 jari-jari. karena ada 6 skill yang digambarkan/dijelaskan yaitu SPD, OFF, TCC, PHY, DEF dan STA.
  • Garis. Garis diatas yang berwarna biru. Seperti dijelaskan sebelumnya panjang jari-jari itu dihubungkan sehingga akan membentuk sebuah grafik dua dimensi. Grafik ini menjelaskan skill satu orang(Villa). Disini kita bisa menyimpulkan skill villa yang paling bagus yang mana dari 6 skill di atas. Dari sekumpulan nilai skill itu biasanya orang menentukkan nilai(skill) seseorang dengan perhitungan tertentu. contohnya pada gambar di atas nilai skill david villa 87

Kapan menggunakan grafik radar?

Ada yang perlu dimengerti untuk mengerti konsep grafik radar:
  • dijelaskan dan menjelaskan. contohnya pada gambar diatas yang dijelaskan yaitu David villa (individu) dan menjelaskan yaitu skill (variabel). bisa disimpulkan variabel menjelaskan individu.
  • Statement yang diatas bisa dibalik. Individu menjelaskan variabel. Contohnya skill speed (variabel) dijelaskan beberapa pemain sepak bola. misallnya messi, ronaldo, walcot, villa, neymar, dan suarez. jadi disini kita bisa tahu bahwa yang paling cepat adalah walcot(misallnya). Sedangkan contoh sebelumnya skill yang paling bagus.Bisa kan membedakannya?
  • Jumlah "Menjelaskan" dalam grafik radar minimal ada 3. coba deh bayangkan klo cuma 2. bakal menjadi garis. "Dijelaskan" nilainya boleh satu atau lebih tapi dianjurkan jangan terlalu banyak karena akan susah untuk mengertikannya. contoh kita kita membandingkan antar villa dan walcot(dijelaskan) dari segi 6 skill tadi. atau sebalikknya. mengertikan maksudku?hehehe


  • Satuan antar variabel tersebut harus sama. pada contoh diatas nilai setiap skill sama berupa poin yang nilainya (1-100). beda cerita jika setiap skill tadi satuannya beda. jika speed tadi satuannya m/s. terus stamina vox. kita tidak bisa buat grafik radar karena jika dibuat maka tidak bermakna. ini berlaku jika variabel menjelaskan individu. sedangkan individu menjelaskan variabel tidak berlaku karena satuannya pasti sama.

  • Aplikasi kegunaan dari grafik radar

    • Salah satu aplikasi dari grafik radar adalah kontrol dalam peningkatan kualitas untuk menampilkan metrik kinerja dari setiap program yang sedang berlangsung.
    • Seperti contoh diatas digunakan dalam olahraga untuk memetakan kekuatan pemain dan kelemahan
    • Selain itu, bisa digunakan dalam menentukan tingkat kemiskinan tinggi provinsi-provinsi di indonesia.

    Kelemahannya apa dong?

    • Grafik Radar hanya cocok untuk menampilkan outlier dan kesamaan, atau ketika salah satu grafik yang lebih besar dalam setiap variabel daripada yang lain, dan terutama digunakan untuk pengukuran ordinal - di mana masing-masing variabel sesuai dengan " lebih baik " dalam beberapa hal , dan semua variabel pada skala yang sama.
    • Sebaliknya, grafik radar telah dikritik sebagai tidak cocok untuk membuat keputusan. Ketika salah satu grafik lebih besar dari yang lain pada beberapa variabel, kita tidak bisa membuat kesimpulan. artinya hanya berupa deskripsi
    • Lebih lanjut , sulit untuk membandingkan secara visual panjang jari-jari, karena jarak radial sulit untuk menilai, meskipun lingkaran konsentris membantu sebagai garis grid. Sebaliknya, seseorang dapat menggunakan grafik garis sederhana, terutama untuk time series

    0 Response to "Apa itu grafik/diagram Radar?"

    Post a Comment