Dec 22, 2012

Sumber Data dan Informasi dari BPS sebagai bahan penelitian

BPS biasa disebut Badan Pusat Statistik. Mendengar istilah satu ini semua orang pasti berpikir ke arah sumber data sekunder buat penelitian, pelaksana sensus dan survei di seluruh indonesia, lembaga yang dicari bagi pencetus skripsi atau tesis. macam-macam lah tiap gambaran orang. Tapi, buat ku istilah ini dulunya tidak pernah ada dalam kamus besar ku. Namun, sejak kuliah baru benar-benar terasa sangat-sangat familiar dan bahkan tanpa hari memikirkan itu (calon tempat kerja). lebay yaa.:D
sumber data Badan Pusat Statistik
Berdasarakan pengantar diatas semua pasti sudah mempunyai paradigma tentang BPS itu sendiri. Sedikit kita jelaskan BPS itu sebenarnya.

Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Non-Departemen yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sebagai pengganti kedua UU tersebut ditetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Berdasarkan UU ini yang ditindaklanjuti dengan peraturan perundangan dibawahnya, secara formal nama Biro Pusat Statistik diganti menjadi Badan Pusat Statistik.

Mantap banget ya penjelasannya. Pakai undang-undang segala yang menunjukkan sebegitu kuatnya organisasi ini. Kemudian, pertanyaaanya apa saja yang dihasilkan dari Institusi ini?.

BPS menerbitkan berbagai data meliputi Sosial dan Kependudukan, Ekonomi dan Perdagangan ,serta Pertanian dan Pertambangan. Setiap bagian tersebut akan dibagi lagi menjadi beberapa sub yang lebih mendalam. kalau mau disebut banyak banget. Yauda disebut aja, contohnya tuh: Inflasi, IHK, Indeks Pembangunan Manusia(IPM), Ekspor-Impor, Nilai Tukar Petani, Produksi Pertanian dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan data tersebut, BPS sudah mulai menyebarkannya dalam berbagai bentuk agar para pecinta data benar-benar dimanjakan dengan data:

1. Website (WWW.BPS.go.id)


Media informasi merupakan alternatif paling jitu untuk memanjakan para pemburu data. sehingga, tidak harus repot-repot ke BPS. cukup bermodalkan koneksi. selain itu, website BPS sendiri sudah sangat fleksibel dan sangat baik dalam menyajikan datanya. Berikut ada beberapa fitur dalam website BPS(2012):

Data informatif



sumber data BPSSalah satu fasilitas dalam website BPS adalah penyediaan data informatif. maksudnya disini adalah bahwa penyajiaannya bisa diperoleh sesuai dengan keinginan pecinta data. sehingga data yang diperoleh benar-benar yang dibutuhkan kemudian bisa didownload data tersebut langsung dalam bentuk excel jadi lebih enak lagi.

Data Paten


sumber data BPS

Kalau untuk satu ini penyajiannya masih kaku. Maksudnya data yang disajikan sudah tidak bisa diubah lagi seperti sebelumnya tapi masih bisa didownload dan sedikit modifikasi saja.

Publikasi


sumber data BPS

Untuk satu ini, data yang disajikan dalam bentuk publikasi berupa buku-buku yang disajikan. sehingga kita bisa melihat hasil publikasi buku tersebut. Namun, fasilitas ini hanya bisa dilihat saja dan tidak bisa didownload. Penjelasan lengkapnya bisa dilihat langsung k BPSnya.

Berita Resmi Statistik


sumber data BPS
Sebenarnya fasilitas satu ini merupakan penyajian data yang up to date. BPS disini memberikan data ke media setiap bulannya yang selalu update meliputi beberapa sektor.


2. Perpustakaan BPS


Setiap instansi pasti memiliki fasilitas yang satu ini. perpustakaan BPS ini merupakan diperuntukan untuk penyajian publikasi-publikasi yang terdahulu sampai yang sekarang. sehingga alternatif ketika di website BPS tidak ada. Selain itu, bisa juga melihat hasil publikasi selain dari BPS biasanya mengenai luar negeri. di perpustakaan ini juga terdapat sedikit sejarah peninggalan benda-benda yang menurut BPS perlu dipertahankan. Perpustakaan BPS tidak lepas dari sentuhan teknologi, disini juga terdapat komputer untuk para pangguna agar dapat lebih meningkatkan kemudahan-kemudahan yang digunakan.

Publikasi-publikasi BPS tersedia di galeri buku BPS yang berlokasi di lantai dasar gedung 2 Perkantoran BPS Pusat. Pelayanan dibuka setiap hari kerja mulai pukul 08.30 sampai dengan 15.30.
Jl. Dr. Sutomo No. 6-8
Jakarta 10710
Indonesia

Gambaran yang dijelaskan diatas secara umum merupakan penjelasan BPS pusat. Namun, ada juga untuk tiap provinsi bahkan tiap kabupaten/kota juga. sehingga tidak harus ke jakarta untuk mencari datanya.hehehe
Written by: Nasrul Setiawan
STATISTIK CERIA, Updated at: 4:53 PM

0 comments :

Post a Comment

 

Copyright @ 2013 Statistik Ceria